Jumat, 16 Agustus 2013

Mengapa memilih Universitas Brawijaya



MENGAPA SAYA MEMILIH UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Sebenarnya saya tidak pernah berpikir untuk meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Universitas Brawijaya, mengingat kemampuan akademis saya yang sangat pas-pasan  dan nilai mata pelajaran sewaktu SMA yang juga bisa dibilang jauh dari harapan. Sementara itu Universitas Brawijaya adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Saya adalah alumni SMAN 1 Kandangan Kediri tahun 2012. Sempat menganggur selama satu tahun karena gagal SNMPTN 2012 dan ingin mencoba di tahun berikutnya. Dan ternyata berhasil dan bisa tembus di pilihan pertama, pilihan pertama itu adalah Universitas Brawijaya. Pada SNMPTN 2012 saya sama sekali tidak memilih atau berpikir masuk Universitas Brawijaya. Hingga pada saat pemilihan perguruan tinggi SBMPTN 2013, saya memilih Universitas Brawijaya itupun karena anjuran dari abang bukan dari diri saya sendiri. Lagi-lagi karena anggapan saya bahwa saya tidak pantas kuliah di perguruan tinggi terbaik ke-7 di Indonesia versi 4icu.org. Dan karena SBMPTN 2013 memungkinkan untuk memilih tiga universitas yang berbeda maka saya memasukan Brawijaya sebagai pilihan pertama dan sekaligus berspekulasi.

                Pengumuman SBMPTN 2013 tiba. Terkejut dan menangis bahagia, saya berhasil masuk di pilihan pertama. Langkah selanjutnya saya mencari informasi lebih banyak tentang kampus ini. Namun saya sempat kecewa saat menunggu pengumuman UKT (Uang Kuliah tunggal) karena terbayang-bayang mahalnya UKT. Ditambah lagi informasi dari mulut ke mulut yang mengatakan kalau Brawijaya adalah perguruan tinggi negeri termahal. Seiring waktu berjalan saya kembali berpikir kalau semua ini harus dijalani tidak boleh berhenti di jalan. Dan saya pun menyadari bahwa dari ketidaksengajaan ini saya mendapatkan sebuah kebanggan yang luar biasa. Saya adalah salah satu yang terbaik dari ribuan peserta lainnya. Saya pertama kali datang ke kampus ini saat masih kelas 2 SMP, sekitar lima tahun lalu. Saat itu saya sempat berangan-angan bisa kuliah di sini. Kampus yang sangat besar. Sudah dari dulu saya mengagumi Universitas Brawijaya. Dan sekarang semua itu berhasil tercapai. Semua berawal dari ketidaksengajaan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sama bro dulux aku juga ga nyangka bisa masuk d salah satu universitas terfavorit.

seperti mimpi kyakna aku ga pantas masuk kampus ub tp smua udh mpy jalan dr allah.

mgkn ini jalan awalku .bsa lolos SBMPTN pil. pertama.

Satrio Napitupulu mengatakan...

benar mas tian. kesempatan ini harus dimanfaatkan, harus berikan yang terbaik.